Friday 21 November 2014

Permasalahan dan Solusi Verval NISN

Vervalpd menggunakan data dapodikmen sebagai data yang akan diverifikasi dan divalidasi, data yang diperlukan di dapodikmen ialah nama, nisn, tempat tangggal lahir dan nama ibu, kemudian agar bisa diterima oleh ODS PDSP maka data PD harus dilengkapi dengan registrasi pd dan sudah dimasukkan kedalam rombel. Sehingga nanti apabila operator melaporkan data di vervalpd tidak berubah, bisa jadi beberapa persyaratan isian data belum dilengkapi.
Selanjutnya setelah dapodikmen disinkronkan, setiap pukul 2 pagi sistem ODS PDSP melakukan logshipping yaitu melakukan penyesuaian database berdasarkan log perubahan yang dilakukan pada dapodikmen.
Pada sistem vervalpd di PDSP dilakukan crosscheck data NISN, NAMA, TEMPAT, TANGGAL LAHIR, dan NAMA IBU KANDUNG. Urutan pertama dari crosscheck itu adalah NISN, selanjutnya kombinasi NISN, NAMA, TEMPAT, dan TANGGAL LAHIR. Penyandingan data dilakukan terhadap data arsip PDSP yang tercatat pada web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id), arsip yang ada di PDSP masih bisa dilakukan perubahan.
APABILA saat dilakukan penyandingan data terdapat kesesuaian data antara NISN, NAMA, TEMPAT, dan TANGGAL LAHIR maka pada vervalpd data siswa tersebut akan masuk pada tab Referensi.
NAMUN APABILA terjadi ketidak sesuaian maka data siswa akan dikategorikan kedalam data RESIDU yang selanjutnya data inilah yang akan kita perbaiki.
Proses verifikasi dan validasi NISN (VervalPD) :

1. Data PD di tab REFERENSI
Apabila data pada referensi masih terdapat kesalahan, maka pilih data PD kemudian klik UnMatch, maka data siswa tersebut akan masuk ke Tab Residu untuk dilakukan Verval ulang.

2. Peserta didik belum memiliki NISN ? 
JAWABAN :
Pada saat entry data dapodikmen kosongkan isian NISN, kemudian sinkronisasi. pastikan data sudah update di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id yang menandakan bahwa sinkronisasi berhasil. selisih sehari maksimal 2 hari silakan cek pada http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id kemudian cek siswa pada data residu, silakan melakukan pengecekan dengan pencarian sebanyak 5x maksimal. jika dalam pencarian tidak ada maka silakan klik NotMatch maka data akan masuk ke tab referensi.

3. Peserta didik sudah memiliki nisn tetapi tidak ada di web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) ?
JAWABAN : 
  • Misal NISN yang dimiliki 0001111222 dan tercatat dalam dokumen resmi (Ijasah SMP/Sederajat), namun NISN tersebut tidak tercatat di web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id). Silakan entry NISN 0001111222 pada aplikasi dapodikmen, lengkapi nama, tempat tanggal lahir, nama ibu, registrasi peserta didik dan tempatkan dalam rombel, kemudian sinkronisasi. Pastikan data sudah update di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id yang menandakan bahwa sinkronisasi berhasil.
  • Selisih sehari maksimal 2 hari silakan cek pada http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id kemudian cek data peserta didik apakah berada di tab Referensi atau Residu, apabila berada di tab Residu silahkan melakukan pengecekan dengan pencarian sebanyak 5x (setelah 5 kali pencarian tombol Match/NotMatch akan di enable). Jika saat melakukan pencarian ditemukan kemiripan data maka silakan pilih Match tetapi jika tidak menemukan maka silakan klik NotMatch maka akan data akan masuk ke referensi dan akan dibuatkan NISN baru misal NISN yang baru adalah 0002223333.
  • NISN yang baru (0002223333) berbeda dengan NISN yang sudah dimiliki sebelumnya (0001111222) sedangkan disatu sisi ijasah SMP menuliskan 0001111222, maka untuk mengganti NISN yang diberikan sistem (0002223333) agar berubah menjadi NISN sesuai ijasah (0001111222) maka lakukan proses pengajuan perubahan NISN pada menu edit data. Lampirkan scan ijasah asli sebagai dokumen resmi, kartu NISN SMP tidak diterima. Kemudian tunggu sampai pengajuan disetujui, apabila disetujui maka data NISN di referensi akan berubah. 
4. Bagaimana jika ada peserta didik yang memiliki perbedaan nama saat melakukan VervalPD ?
JAWABAN :
Data yang berbeda pada Nama, tempat, tanggal lahir, ataupun nama ibu akan terjadi pada data Referensi dan data Residu.
  • Jika kesalahan terjadi pada data Referensi maka pilih data siswa tersebut dan lakukan UnMatch, maka data akan berpindah ke Residu dan perlu perbaikan, perbaikan dilakukan melalui dapodikmen, karena vervalpd tidak memiliki fasilitas edit nama, tempat, tanggal lahir dan ibu kandung.
  • Jika kesalahan terjadi pada Residu maka lakukan perubahan pada dapodikmen kemudian lakukan sinkronisasi dan tunggu sampai data di vervalpd berubah. Selanjutnya lakukan proses verval ulang peserta didik.
5. Kapan data update di UN (http://un.data.kemdikbud.go.id) jika kita telah menyelesaikan vervalpd ?
JAWABAN : 
Otomatis update di UN (http://un.data.kemdikbud.go.id) setelah melakukan konfirmasi data pada vervalpd, adapun data yg masuk pada UN (http://un.data.kemdikbud.go.id) adalah data yg ada di tabel referensi. rentang waktu yg dibutuhkan untuk tampil di UN (http://un.data.kemdikbud.go.id) sekitar 1 Jam setelah selesai melakukan konfirmasi data.

6. Peserta didik sudah punya NISN tetapi ada 2 NISN pada web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) dengan nama yang sama?
JAWABAN : 
a. Silakan pilih salah satu NISN kemudian entry di dapodikmen, dan lakukan sinkronisasi. Pastikan berhasil sinkronisasi dengan mengecek di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id kemudian lakukan vervalpd. 
b. Jika ketika melakukan VervalPD terdapat tampil 2 NISN maka silahkan pilih NISN yang sudah digunakan untuk kegiatan administrasi (telah digunakan untuk penulisan ijazah). 

JAWABAN :
Sekitar satu hari dan maksimal 2 hari setelah selesai melakukan sinkronisasi maka data di vervalpd akan otomatis terbarukan.

8. Apakah pada Tab Residu di VervalPD harus kosong ?
JAWABAN :
Data di tab Residu harus kosong, dikarenakan data tersebut akan dijadikan sebagai data acuan dan referensi pendidikan untuk penerimaan BOS, BSM, UN, dan Program lainnya yang bersumber dari Kemdikbud. 

9. Bagaimana jika NISN yang sudah tertulis dijazah ketika di crosscheck di Web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) yang tampil adalah data orang lain ? 
JAWABAN :
Silahkan buatkan NISN baru dan koordinasikan dengan sekolah yang mengeluarkan ijazah untuk menerbitkan surat ralat penulisan ijazah dengan mencantumkan NISN baru yang telah kita buatkan. format ralat penulisan ijazah sesuai dengan Permendikbud Nomor 29 tahun 2014.

10. Apakah setelah melakukan VervalPD diharuskan untuk melakukan Konfirmasi Data ? 
JAWABAN :
Konfirmasi Data harus dilakukan karena dengan melakukan konfirmasi data maka akan dilakukan perubahan pada data arsip NISN, data dapodikmen (server maupun local ketika melakukan sinkronisasi) dan data UN (http://un.data.kemdikbud.go.id).

11. Apakah pada 3 Digit pertama NISN harus sama dengan 3 digit terakhir tahun lahir peserta didik ? 
JAWABAN :
Tiga Digit pertama pada NISN tidak harus sama dengan 3 digit tahun lahir.

12. NISN sudah tertulis diijazah, tetapi NISN di Tab Referensi VervalPD tidak sama dengan yang tertulis di Ijazah, tetapi ketika melakukan pengajuan perubahan NISN di VervalPD ketika kroscek NISN baru yang sesuai ijazah ada informasi “NISN untuk Pengajuan baru sudah digunakan atas nama orang lain. Apakah yakin akan menggunakan NISN tersebut ?”. Bagaimana solusinya ?
JAWABAN :
Silahkan pengajuan perubahan NISN dibatalkan dan tetap menggunakan NISN di Referensi serta koordinasikan dengan sekolah yang mengeluarkan ijazah untuk menerbitkan surat ralat penulisan ijazah dengan mencantumkan NISN yang berada di Referensi VervalPD. format ralat penulisan ijazah sesuai dengan Permendikbud Nomor 29 tahun 2014.

13. Ketika melakukan Konfirmasi Data di VervalPD tampil informasi “Yakin ingin merubah ?” apakah ini bertujuan untuk merubah NISN ?
JAWABAN :
Perubahan ini bertujuan untuk merubah Data Arsip NISN menyesuaikan dengan data hasil VervalPD. Dimana Data ini yang dijadikan referensi di Dapodikmen, data UN, dan data NISN baik di Web Referensi (http://referensi.data.kemdikbud.go.id) dan Web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id). 

14. Kenapa ketika masuk di web VervalPD (http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id) ada informasi “Username dan Password tidak terdaftar” atau “Kode pada gambar (chaptcha) tidak cocok dengan inputan” ?
JAWABAN :
a. Silahkan username/email di crosschek disini : http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/cekAktivasi, jika ada informasi “Akun sudah tidak aktif” silahkan lakukan daftar ulang di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru dengan melampirkan Surat Tugas/SK sebagai Operator Pendataan.
b. Silahkan inputkan kode pada gambar (chaptcha) dengan benar, biasanya penulisan pada gambar huruf “O” tertulis seperti angka nol “0” dan sebaliknya.

15. Bagaimana cara merubah password di website Verval PD dan data UN ?
JAWABAN :
Silahkan login di website http://sdm.data.kemdikbud.go.id, setelah berhasil login kemudian klik akun(email) pilih ubah Password. Silahkan masukkan password lama dan password baru kemudian klik tombol “Ubah Password”.

16. Bagaimana jika sudah terlanjur melakukan Match data Peserta Didik ketika melakukan VervalPD, sedang data nama dan tempat tanggal lahir berbeda ?
JAWABAN :
Masuk ke Tab Konfirmasi Data, pilih data di menu “Data terindikasi sama/mirip/sesuai“ atau “Data terindikasi sama/tidak mirip“ dicari data siswanya kemudian pilih UnMatch/Batal.

17. Bagaimana jika data di Tab Konfirmasi Data di Sub Menu “Data terindikasi sama/tidak mirip“ muncul data siswa misal Nama di Dapodik Rian Saputro dan Nama NISN Ryan Saputra ?
JAWABAN :
Lakukan pembandingan data dengan benar terkait tempat tanggal lahir dan nama ibu kandungnya. Jika sesuai klik “Confirm”, jika tidak sesuai klik “UnMatch” biar data siswa kembali ke Residu untuk dilakukan verval ulang.